Jumat, 26 April 2013

Sheet Metal Forming

Disini saya akan paparkan apa-apa yang saya dapat selama belajar di dunia penerbangan khususnya Sheet metal forming, materi ini saya dapat dari guru saya, dan saya hanya bisa menyampaikan apa-apa ilmu yang saya dapat ..... Check it now!


Geometri dari Part Sheet Metal

1. Single Curve Part (dengan bending radius kecil)

Part terdiri dari bentuk tekukan lurus atau mempunyai curva pada satu arah. Radius bending kurang dari 50 kali tebal material. Biasanya kurang dari 10 kali tebal material.

 



2. Penampang Curva

Part terdiri dari bentuk penampang yang contur pada sepanjang part tersebut, biasanya part tersebut dibentuk secara manual tidak dengan rubber press.
Part dengan penampang simetris
Part tipe ini biasanya di perform pada penampang lurus, kemudian curva diselesaikan dengan shrinking atau streching atau kombinasi keduanya.

3. Part dengan flange contour


Biasanya dibentuk pada web dengan flange melalui proses streching atau shrinking. Untuk bentuk flange tertentu pre form dengan cara manual masih sering dilakukan.
Part dengan penampang tidak simetris
Part ini memiliki penampang yang tidak beraturan pada sepanjang contour dari part tersebut. Streching biasanya dilakukan pada part tipe ini.


4. Part dengan bending radius single atau double curve

Part ini biasanya untuk skin-skin pada part aircraft. Jika radius bending lebih besar dari 50 kali tebal material biasanya dibentuk dengan strech press, drop hammer atau deep drawing.
Tipe ini dapat dikelompokkan dalam 4 jenis, yaitu ;
Tipe A – Radius bending besar satu arah part dibentuk dengan strech forming, dibentuk pada kondisi lunak ataupun as quenced.
 
Tipe B – Radius bending besar dua arah. Untuk menghindari distorsi setelah soution heatreat, biasanya part dibentuk setelah heattreatment.
 
Tipe C – Berbentuk sedel dan berombak. Part ini umumnya dibentuk dengan metoda drop hammer.
 
Tipe D – Radius kecil disatu ujungnya. Biasanya part ini dibentuk dalam dua operasi, pembentukan ujung kurva pada operasi kedua dengan cara manual.
 
5. Part denga ceruk dangkal
Part bisa terdiri dari satu atau beberapa ceruk (cekungan) dengan perbandingan 1:7. Part tipe ini sebagian besar melalui pembentukan streching. Cekungan dengan radius bending yang konstan berguna untuk meminimalkan forming strain.



    6. Part dengan ceruk dalam

Part ini dibedakan dari bentuk permukaan dan kedalaman ceruknya. Part ini harus dibentuk dengan cara press oleh blank holding feature seperti deep draw.


Lightening Hole
Lightening Hole adalah lubang yang dibentuk untuk berbagai keperluan salah satunya untuk mengurangi berat dari part. Lightening hole merupakan sebuah lubang berbentuk bulat, oval ataupun tidak beraturan dengan flange disekeliling lubang tersebut.


1 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus