Disini saya akan paparkan apa-apa yang saya dapat selama belajar di dunia penerbangan khususnya Sheet metal forming, materi ini saya dapat dari guru saya, dan saya hanya bisa menyampaikan apa-apa ilmu yang saya dapat ..... Check it now!
Geometri dari Part Sheet Metal
1. Single Curve Part (dengan bending radius kecil)
Part terdiri dari bentuk tekukan
lurus atau mempunyai curva pada satu arah. Radius bending kurang dari 50 kali
tebal material. Biasanya kurang dari 10 kali tebal material.
2. Penampang Curva
Part terdiri dari bentuk penampang
yang contur pada sepanjang part tersebut, biasanya part tersebut dibentuk
secara manual tidak dengan rubber press.
Part dengan penampang simetris
Part tipe ini biasanya di perform
pada penampang lurus, kemudian curva diselesaikan dengan shrinking atau
streching atau kombinasi keduanya.
3. Part dengan flange contour
Biasanya dibentuk pada web dengan
flange melalui proses streching atau shrinking. Untuk bentuk flange tertentu
pre form dengan cara manual masih sering dilakukan.
Part dengan penampang tidak simetris
Part ini memiliki penampang yang
tidak beraturan pada sepanjang contour dari part tersebut. Streching biasanya
dilakukan pada part tipe ini.
4. Part dengan bending radius single atau double curve
Part ini biasanya untuk skin-skin
pada part aircraft. Jika radius bending lebih besar dari 50 kali tebal material
biasanya dibentuk dengan strech press, drop hammer atau deep drawing.
Tipe ini dapat dikelompokkan dalam 4
jenis, yaitu ;
Tipe A – Radius bending besar satu
arah part dibentuk dengan strech forming, dibentuk pada kondisi lunak ataupun
as quenced.
Tipe B – Radius bending besar dua
arah. Untuk menghindari distorsi setelah soution heatreat, biasanya part
dibentuk setelah heattreatment.
Tipe C – Berbentuk sedel dan
berombak. Part ini umumnya dibentuk dengan metoda drop hammer.
Tipe D – Radius kecil disatu
ujungnya. Biasanya part ini dibentuk dalam dua operasi, pembentukan ujung kurva
pada operasi kedua dengan cara manual.
5. Part denga ceruk dangkal
Part bisa terdiri dari satu atau
beberapa ceruk (cekungan) dengan perbandingan 1:7. Part tipe ini sebagian besar
melalui pembentukan streching. Cekungan dengan radius bending yang konstan
berguna untuk meminimalkan forming strain.
6. Part dengan ceruk dalam
Part ini dibedakan dari bentuk
permukaan dan kedalaman ceruknya. Part ini harus dibentuk dengan cara press
oleh blank holding feature seperti deep draw.
Lightening Hole
Lightening Hole adalah lubang yang
dibentuk untuk berbagai keperluan salah satunya untuk mengurangi berat dari
part. Lightening hole merupakan sebuah lubang berbentuk bulat, oval ataupun
tidak beraturan dengan flange disekeliling lubang tersebut.